Jumat, 20 Januari 2017

PEMAHAMAN AWAMNYA SEBAGIAN ORANG BUTON

Tantangan berdakwah di kampung yang kaum tuanya memiliki khazanah keilmuan yg berasal dari katanya bin katanya itu sangat sulit. Kita berbasis data dan rasionalitas, mereka berbasis nenek atau orang tua dulu.

Kita bicara hadist dan al qur'an, mereka menggunakan sumber selain yg kita gunakan. Mereka bilang ada ilmu kerasulan dan ilmu kenabian. Ilmu kenabian itu ALLAH turunkan di tanah buton dan ilmu kerasulan itu ALLAH turunkan ke tanah mekkah.

Saya jadi bingung hingga bergumam, jika memang demikian, berarti di tanah mekkah itu ada seorang Rasul menjadi utusan. dan itu ku yakini benar. Namun yg menjadi persoalan itu jika dikatakan bahwa Allah menurunkan ilmu kenabian di tanah buton.

Yang menjadi pertanyaanku adalah ADAKAH SEORANG NABI yang pernah diutus oleh Allah di tanah buton...???

Innahu laa nabiyya ba'da "sesungguhnya tidak ada lagi nabi setelah Muhammad." Lalu mengapa dikatakan bahwa ada ilmu kenabian yg telah Allah turunkan di tanah buton..?!
Apakah Allah menurunkannya seperti hujan dari langit..? Apakah Allah menurunkannya hanya khusus untuk masyarakat buton...??!

Sungguh bumi Allah ini luas. alangkah tidak adilnya Allah jika hanya menurunkan ilmu yg diistilahkan oleh sebagian orang di tanah buton ini sebagai ilmu kenabian. Maka benarlah firman Allah SWT dalam wahyunya "Sesungguhnya tiada lain mereka itu hanyalah mengikuti persangkaan belaka"

Rasul telah bersabda: "Telah ku tinggal 2 hal yg apabila kalian berpegang teguh pada keduanya, maka niscaya kalian tidak akan tersesat, yaitu: Al Qur'an wa Sunnati Rasulillah Saw".

Assalam 'alaikum saudaraku sekalian...??
Semoga kita tidak mengikuti sesuatu apapun kecuali dengan apa yang telah Allah dan Rasulnya ajarkan pada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar