Sabtu, 11 Februari 2017

NASIONALIS MEMANG HEBAT ?

Para nasionalis Turki menganggap kehebatan Daulah Utsmani di masa lalu, itu bukan karena Islam, tetapi karena bangsa Turki memang hebat, bahkan sejak zaman Yunani kuno sudah terkenal berbakat.

Para nasionalis Persia menganggap Islamic Golden Age di masa lalu, itu bukan karena Islam, tetapi karena bangsa Persia memang jaya, buktinya mayoritas filosof dan saintis besar Islam, itu orang Persia.

PELAJARAN:
Ya terang saja, "orang Turki itu hebat", karena saat itu semua warga terbaik diundang dan dikumpulkan di ibu kota khilafah (Istanbul), yang kebetulan sekarang menjadi bagian negara Turki.
Ya terang saja, "filosof dan saintis besar Islam itu orang Persia", karena saat itu semua ilmuwan terbaik dunia Islam diundang dan dikumpulkan di ibu kota khilafah (Baghdad), disuruh bekerja di Baitul Hikmah. Baghdad itu hanya sekitar 60 Km dari Ctesiphon, ibu kota Kekaisaran Persia kuno.

ANDAIKATA:
Andaikata NKRI ini bubar, dan DKI Jakarta menjadi negara sendiri, maka para nasionalis Jakarta akan menganggap bahwa "zaman keemasan Indonesia dulu" itu bukan karena Pancasila, tetapi karena bangsa Jakarta memang hebat, buktiknya mayoritas akademisi dan pengusaha top zaman NKRI, itu ada di Jakarta, dan berKTP Jakarta ... :-)

Sebaliknya negara-negara separatis selain Jakarta akan menganggap "zaman kegelapan Indonesia dulu" itu bukan karena Pancasila, tetapi karena bangsa Jakarta memang brengsek, buktinya mayoritas koruptor top zaman NKRI itu orang Jakarta, dan berKTP Jakarta.
By: Profesor Fahmi Amhar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar