Jumat, 23 Desember 2016

MAKALAH POSTMODERNISME



A.    Pendahuluan
Positivisme adalah filsafat awal dan dasar munculnya ilmu pengetahuan serta hadir sebagai kritik atas pemahaman yang menjamur pada abad pertengahan yaitu metafisik. Positivisme mendasarkan pembuktian kebenaran menurut metodologi ilmiyah yang dapat diamati dan diukur selanjutnya menjadi hukum-hukum yang menjadi acuan pokok dalam mencari kebenaran yang dirangkum menjadi hukum alam. Berbeda dengan metafisik yang tidak dapat diamati dan diukur karena pencarian kebenaran berdasarkan akal budi manusia. Perbedaan pengalaman manusia akan menjadi perbedaan dalam menentukan kebenaran, sehingga pada metafisik kebenaran bersifat abstrak.
Positivisme muncul pada abad ke-19 dipromotori oleh seorang sosiolog asal prancis yaitu Auguste Comte. Paradigma ini terbukti ampuh dan digunakna banyak ilmuan untuk mengungkap kebenaran realitas dalam kurun waktu yang cukup lama (+ 400 tahun)[1] walau terdapat berapa kelemahan dalam teori ini diantaranya adalah tidak dapat menjangkau kajian metafisika.
Makalah ini akan membahas teori filsafat positivisme Auguste Comte meliputi biografi tokoh serta sebab-musabab munculnya teori filsafat ini.

B.     Biografi Auguste Comte
Bapak positivisme, Auguste Comte memiliki nama panjang Isidore Auguste Marie Francois Xavier Comte. Ia lahir di Montpellier Prancis pada tanggal 19 Januari 1798 dari keluarga bangsawan katolik. Namun, ia tidak mengikuti kepercayaan keluarganya yaitu agama katolik sejak usia muda, ia mendeklarasikan dirinya seorang atheis. Comte kecil mengenyam pendidikan lokal di Montpellier dan mendalami matematika. Pada usia ke 25 tahun ia hijrah ke Paris dan belajar di Echole Polytechnique dalam bidang psikologi dan kedokteran.[2]Selain itu, di Paris ia juga mempelajari pikiran-pikiran kaum ideolog.[3]
Comte adalah mahasiswa yang brillian, namun ia tidak berhasil menamatkan studi di perguruan tinggi. Ia adalah mahasiswa yang keras kepala dan suka memberontak. Ia dikeluarkan karena gagasan politik dan pemberontakan dengan teman sekelasnya. Selain dikenal dengan sifat pemberontak dan keras kepala, Comte  juga dikenal sebagai mahasiswa yang berfikiran bebas dan memiliki kemauan keras untuk tidak ingin berada di bawah posisi orang lain yang kemungkinan besar akan mengaturnya. Comte hidup pada masa Revolusi Perancis, rezim Napoleon, pergantian monarki dan periode republik dimana pergolakan sosial-politik terjadi cukup hebat. Hal tersebut yang melatar belakangi pemikiran Comte. Walau mengalami masa yang sulit ia tetap bekerja keras diantaranya dengan memberi les matematika dan aktif menulis. Dari sinilahlah, karir profesional Comte dimulai.[4]
Pada tahun 1817, Comte menjadi sekretaris Simon sekaligus menjadi anak angkatnya.[5] Pertemuan dengan Simon banyak mempengaruhi perkembangan intelektual Comte bahkan membuatnya yang semula berlatar belakang eksakta “hijrah” dan mulai mengkaji bidang-bidang sosial. Perpindahannya ke dalam kajian bidang sosial pada dasarnya bukan semata-mata terjadi karena bertemu Simon, namun sudah menjadi bagian dari kegundahannya sejak di bangku perkuliahan dan semakin berkembang saat bertemu dengan Simon. Dalam kajian ilmu sosial comte sependapat dengan pendapat Simon bahwa perkembangan manusia bisa dilakukan dengan perkembangan ilmu pengatahuan baru tentang perilaku manusia dan masyarakatnya.[6] Dari sinilah Comte mulai mengajar filsafat positifistik di luar pendidikan resmi dan mendirikan masyarakat positivistik.
Delapan tahun sejak pertemuan dan pengabdiannya dengan Simon tepatnya pada tahun 1824, Comte memutuskan untuk tidak lagi mengikutinya. Hal tersebut didasarkan karena Simon menghapuskan namanya dari salah satu karya sumbangannya. Sejak saat itu Comte memulai menjalani kehidupan intelktualnya sendiri menjadi dosen penguji, pembimbing dan mengajar mahasiswa secara privat. Pada tahun 1852, Comte menyatakan bahwa ia tak lagi memilki hutang apapun terhadap Saint Simon. Kehidupan Comte tidak berjalan mulus, selain penghasilan yang diperoleh tidak dapat mencukupi kebutuhan hidupnya karya yang disusunnya  juga terbengkalai. Comte mengalami tekanan psikoogi yang hebat, bahkan menurut Ope dalam “Tradisi Aliran dalam Sosiologi” menceritakan bahwa tidak jarang perdebatan yang dilalui oleh comte berakhir dengan perkelahian.
Tekanan demi tekanan membuat Comte semakin terpuruk, bahkan sampai membuatnya dirinya nekat dan menceburkan diri ke sungai. Di tengah keterpurukannya datanglah Caroline Massin, seorang pekerja seks yang tampa pamrih merawat comte. Dalam merawat Comte, Caroline tidak hanya terbebani secara materil namun Comte juga tak kunjung berubah hingga akhirnya ia meninggalkannya dan Comte kembali pada kegilaannya. Di akhir usianya Comte mengalami ganguan jiwa dan wafat di Paris pada 1857.[7]






C.    Teori Positivisme Auguste Comte
Teori positivisme bermula dari munculnya hukum tiga tahap ( Law of Three Stages) dari Auguste Comte. Melalui hukum ini ia menyatakan bahwa sejarah umat manusia, baik secara individual maupun secara keseluruhan, telah  berkembang menurut tiga tahapan, yaitu tahap teologi atau fiktif, tahap metafisik atau abstrak, dan tahap positif atau ilmiah atau riel . Pengertian “perkembangan” yang merupakan proses dari berlangsungnya sejarah umat manusia, diberi isi dan arti yang “positif”, dalam arti sebagai suatu gerakan “perkembangan” yang menuju ke tingkatan yang lebih tinggi dan lebih maju. Baginya, “perkembangan” itu merupakan penjabaran segala sesuatu sampai kepada objeknya yang tidak  personal.[8]
Dr. Koento Wibisono mengatakan, bahwa menurut Auguste Comte, sejarah umat, juga jiwa manusia, baik secara individual maupun secara keseluruhan, berkembang menurut tiga tahap, yaitu tahap teologi, tahap metafisik, dan tahap positif

1.      Tahapan teologi atau fiktif
Dalam tahap ini, manusia selalu berusaha untuk mencari dan menemukan sebab yang pertama dan tujuan akhir dari segala sesuatu yang ada. Gejala atau fenomena di alam yang selalu menarik manusia untuk mengetahuinya dan mengaitkan hal tersebut dan meletakkannya dengan sesuatu yang mutlak. Dengan adanya rasa keingintahuan itu, sehingga manusia selalu berusaha untuk mempertanyakan hal-hal yang paling sukar, sejalan dengan tingkah laku dan  perbuatannya. Hal ini disebabkan oleh rasa keingintahuan manusia yang tanpa  batas dan manusia harus dapat mengetahui jawaban dari hal yang mudah sampai  pada hal yang paling sulit untuk dijawab. Menurut Auguste Comte, tahap teologi ini tidak akan muncul begitu saja, akan tetapi akan muncul melalui tahapan-tahapan, yaitu fetisyisme, politeisme, dan monoteisme.
a.       Fetisyisme, yaitu suatu bentuk kehidupan masyarakat yang didasari oleh pemikiran-pemikiran yang mempunyai anggapan, bahwa segala sesuatu yang berada di sekeliling manusia mempunyai suasana kehidupan yang sama seperti manusia sendiri. Bahkan, segala sesuatu tersebut akan berpengaruh ke dalam kehidupan manusia itu, sehingga manusia itu akan menyesuaikan dirinya kepada lingkungannya
b.      Politeisme, yaitu suatu bentuk kehidupan masyarakat yang didasari oleh pemikiran-pemikiran yang mempunyai anggapan, bahwa daya  pengaruh itu tidak lagi berasal dari benda-benda yang ada di sekeliling manusia, akan tetapi dari benda-benda atau makhluk-makhluk yang tidak kelihatan yang berada di sekitarnya. Dalam  bentuk kehidupan ini, timbul kepercayaan akan sesuatu di diri manusia, bahwa setiap benda, setiap gejala atau peristiwa alam dikuasai oleh dewanya masing-masing. Sehingga untuk keselamatan dirinya, manusia harus menyembah para dewa tersebut dengan melakukan suatu ritual penyembahan.
c.       Monoteisme, yaitu suatu bentuk kehidupan masyarakat yang didasari oleh pemikiran-pemikiran yang mempunyai anggapan bahwa  pengaruh dan kekuatan penentu itu tidak lagi berasal dari dewa-dewa, akan tetapi dari satu kekuatan mutlak, adikodrati, yaitu Tuhan yang satu
2.      Tahapan metafisik atau abstrak
Dengan berakhirnya tahap monoteisme, maka berakhir juga tahap teologi. Hal ini dikarenakan manusia mulai merubah pola pikirnya dalam usahanya untuk mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gejala alam. Sehingga dogma agama akan ditinggalkan, dan kemampuan akal akan dikembangkan.
Menurut Auguste Comte, walaupun dalam tahap metafisik ini jiwa manusia masih menunjukkan hal yang tidak berbeda dengan apa yang dilakukan dalam tahap teologi, namun pada tahap ini manusia sudah mampu melepaskan dirinya dari kekuatan adikodrati, dan beralih pada kekuatan abstraksinya. Oleh sebab itu, pada tahap ini jiwa manusia akan sering mengalami konflik, karena di satu pihak, pengaruh teologik masih dapat dirasakan, dan di pihak lain, kemampuan berabstraksi (berpikir) yang dirasakan sebagai “pembebasan” kekuatan yang datang dari luar itu terus berkembang. Dalam perkembangannya itu, akal budi akan menjadi kekuatan satu-satunya yang digunakan manusia untuk menerangkan adanya segala sesuatu, sehingga berkat kemampuan berabstraksi tadi, manusia mampu pula menerangkan hakikat atau substansi dari segala sesuatu yang ada. Oleh sebab itu, pada tahap ini istilah ontologi mulai digunakan
3.      Tahap Positif atau riel
Dalam perkembangan jiwa manusia, pada batas bahwa manusia tidak lagi merasa puas dengan hal-hal yang abstrak, manusia akan merasa lebih dekat dengan hal-hal atau gejala-gejala yang dapat diterangkan melalui pengamatan  berlandaskan hukum-hukum umum yang deskriptif, seperti hukum gaya tarik  bumi atau gravitasi. Tahap ini adalah akhir dari perkembangan jiwa manusia. Ini adalah tahap pembebasan yang sebenarnya, yang tidak lagi dipengaruhi oleh kekuatan atau pengertian adikodrati atau metafisik. Dengan menjadi matangnya  jiwa manusia, maka manusia tidak lagi merasa terbantu oleh pengetahuan abstrak, akan tetapi yang diperlukan sekarang adalah pengetahuan yang nyata, yang dapat dicapai melalui pengamatan, percobaan, perbandingan, dan berlandaskan hukum-hukum yang umum.[9]
Auguste Comte melihat bahwa tahap positif ini sebagai tahap  perkembangan masyarakat di saat masa industrialisasi sudah dapat dikembangkan, disertai dengan peranan pada ilmuwan dan industrialis yang bersama-sama mengatur masyarakat secara ilmiah.[10]
Dr. Koento Wibisono mengatakan, bahwa dalam karya Comte yang  berjudul “Discours sur Lesprit Positif”, secara eksplisit Comte menerangkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian “positif” itu adalah
1.         Sebagai lawan atau kebalikan sesuatu yang bersifat khayalan, maka pengertian “positif” pertama-tama diartikan sebagai pensifatan akan sesuatu yang nyata. Hal ini sesuai dengan ajarannya yang menyatakan  bahwa filsafat positivisme itu, dalam menyelidiki objek sasarannya didasarkan pada kemampuan akal, sedang hal-hal yang tidak dapat dijangkau oleh akal tidak akan dijadikan sasaran penyelidikan.
2.         Sebagai lawan atau kebalikan sesuatu yang tidak bermanfaat, maka pengertian “positif” diartikan sebagai pensifatan sesuatu yang bermanfaat. Hal ini sesuai dengan ajarannya yang menyataan bahwa di dalam filsafat positivisme, segala sesuatu harus diarahkan kepada  pencapaian kemajuan. Filsafat tidak berhenti sampai di pemenuhan keinginan manusia untuk memperoleh pengetahuan mengenai sesuatu saja, akan tetapi filsafat harus digunakan untuk mencapai kemajuan di masyarakat.
3.         Sebagai lawan atau kebalikan sesuatu yang meragukan, maka pengertian “positif” diartikan sebagai pensifatan sesuatu yang sudah pasti. Hal ini sesuai dengan ajarannya yang menyatakan bahwa filsafat harus sampai  pada suatu keseimbangan yang logis yang membawa kebaikan bagi setiap individu dan masyarakat.
4.         Sebagai lawan atau kebalikan sesuatu yang kabur atau buram, maka  pengertian “positif” diartikan sebagai pensifatan sesuatu yang jelas atau tepat. Hal ini sesuai dengan ajarannya yang menyatakan bahwa dalam  pemikiran filosofis, kita harus dapat memberikan pengertian yang jelas atau tepat, baik mengenai gejala-gejala yang tampak maupun mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan, sebab cara berfilsafat yang lama hanya memberikan pedoman yang tidak jelas, dan hanya mempertahankan disiplin yang diperlukan dengan mendasarkan diri pada kekuatan adikodrati.
5.         Sebagai lawan atau kebalikan sesuatu yang negatif, maka pengertian “positif” dipergunakan untuk menunjukkan sifat-sifat pandangan filsafatnya yang selalu menuju ke arah penataan atau penertiban.
Pengertian “positif” oleh Auguste Comte digunakan untuk menunjukkan ciri khas dan metode yang sesuai dengan kekhassan itu, yaitu berbeda dengan  pandangan filsafat lama yang bercorak teologik dan metafisik.[11]
Dr. Koento selanjutnya mengatakan, bahwa metode yang digunakan oleh Auguste Comte dalam menjelaskan ilmu pengetahuan yang didasarkan atas gejala-gejala yang paling sederhana, umum atau abstrak, menuju ke tingkat gejala-gejala yang semakin jelas, khusus dan konkret yang dihadapi oleh masing-masing ilmu, digunakan tiga metode, yaitu pengamatan (observation), percobaan (experiment ), dan perbandingan (comparison). Akan tetapi, dalam menghadapi gejala-gejala dalam fisika sosial (sosiologi), Comte menambahkan satu metode, yaitu metode pendekatan sejarah (historical approach).[12]


D.    Kesimpulan
Positivisme secara terminologis berarti merupakan suatu paham yang dalam “pencapaian kebenarannya” bersumber dan berpangkal pada kejadian yang benar-benar terjadi. Segala hal diluar itu, sama sekali tidak dikaji dalam positivisme. Menurut Comte,  ilmu pengetahuan tidak boleh melebihi fakta-fakta karena positivisme menolak metafisisme. Bagi Comte juga menanyakan hakekat benda-benda atau penyebab yang sebenarnya tidaklah mempunyai arti apapun. Oleh karenanya, ilmu pengetahuan dan juga filsafat hanya menyelidiki fakta-fakta dan hubungan yang terdapat antara fakta-fakta, Dalam filsafat Positifisme comte juag memaparkan tiga tahap perkembangan pemikiran manusia yaitu teologis/fiktif, metafisis dan positif


















DAFTAR PUSTAKA

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu, (Jakarta : Rajawali Pers.2014)
Comte, Auguste, The Positive Philosophy, diterjemahkan oleh Harriet Martineau (London: Batoche Books, 2000)
Hardiman ,F. Budi,Filsafat Modern Dari Machievelli Sampai Niestzsche (Jakarta: PT Garmedia Pustaka Utama, 2004)
Muslih , Muhamad, Filsafat Ilmu, (Yogyakarta: Penerbit Belukar, 2004)
Upe , Ambo,Tradisi Aliran Dalam Sosiologi dari Filosofi Posivistik ke Post positivistik, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010)
Wibisono, Koento, Arti Perkembangan Menurut Filsafat Positivisme Auguste Count, (Yogjakarta: Gadjah Mada university Press, 1983)









[1] Muhamad Muslih, Filsafat Ilmu, (Yogyakarta: Penerbit Belukar, 2004), Hal 96
[2] Ambo Upe,Tradisi Aliran Dalam Sosiologi dari Filosofi Posivistik ke Post positivistik, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010),Hal 70
[3] F. Budi Hardiman,Filsafat Modern Dari Machievelli Sampai Niestzsche (Jakarta: PT Garmedia Pustaka Utama, 2004),Hal 179
[4] Upe,Tradisi Aliran Dalam Sosiologi dari Filosofi Posivistik ke Post positivistik ,Hal 70.
[5] Ibid.,Hal 71
[6] Upe,Tradisi Aliran Dalam Sosiologi dari Filosofi Posivistik ke Post positivistik ,Hal 72
[7] Hardiman,Filsafat Moderen Dari Machievelli Sampai Niestzsche,Hal 197

[8] Koento Wibisono, Arti Perkembangan Menurut Filsafat Positivisme Auguste Count, (Yogjakarta: Gadjah Mada university Press, 1983), Hal 1-2
[9]  Amsal, Bakhtiar, Filsafat Ilmu, (Jakarta : Rajawali Pers.2014), Hal 11-15
[10] Koento Wibisono, Arti Perkembangan Menurut Filsafat Positivisme Auguste Comte,Hal. 16. Lihat juga Auguste Comte, The Positive Philosophy, diterjemahkan oleh Harriet Martineau (London: Batoche Books, 2000), vol. 1,Hal. 27-31

[11] Ibid,Hal 37-38
[12] Ibid,Hal 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar