Minggu, 20 November 2016

Dialog Efek Kenaikan BBM bersama Rakyat Kecil

aku : bu', harga tahu gorengnya masih 1000 ya...?
ibu pedagang : iya.
aku : emang ngga' kena pengaruh kenaikan BBM ya...?
ibu : terpengaruh mas. kemarin udah coba jual 4, 5000, tapi malah ga ada yang mau beli.
aku : oh gtu ya, saya aja udah milih jarang untuk beli.
ibu : kenapa mas,..?
aku : saya mau berhemat bu'. habis semua barang2 pada mahal.
ibu : tuh ternyata mas tahu.
aku : hmm,,, yang kasihan malah pedagang kecilnya.
ibu : iya, ternyata mas mengerti juga.

tak kuat tuk lisan ini menyampaikan, akhirnya ku pilih dalam hati tuk gumamkan.
aku memang ngerti bu', dan semua orang juga tahu. tapi yang paling aku kasihan itu pedagang kecil seperti ibu, barang pokok pada naik, ibu cuman jual kue-kue di pinggir jalan, ketika ibu ingin naikkan harganya biar sesuai, eh para pembeli pun malah lari. hmm...kasihan kamu ibu', sudah seperti ini mi jika kita masih pakai sistem demokrasi-kapitalisme. karena dari sistem inilah yang menghasilkan penguasa2 yang zolim pada rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar