Kamis, 10 November 2016

ISLAM itu AGAMA yang MANUSIAWI

ISLAM itu agama RAHMAT dan MENDAMAIKAN. Tapi bukan berarti ia berdiam diri jika dihina dan dilecehkan.

ISLAM itu agama sekaligus pandangan hidup yang manusiawi. Dan karena ia bersifat ajaran yang manusiawi, maka ia juga mengajarkan tentang cara dan terhadap apa dalam mengekspresikan marah.

Dalam diri manusia itu ada unsur cinta, ada potensi untuk menyembah, dan ada pula naluri untuk marah.

Dan ISLAM hadir di tengah-tengah manusia untuk mengatur dan mengontrol naluri tersebut agar ia dapat direalisasikan oleh manusia sesuai dengan konteks dan living(tempat)nya.

Maka sangat na'if jika mengatakan bahwa ISLAM adalah agama rahmat dan damai tapi mengira bahwa ia bersifat kaku dan berdiam diri terhadap penghinaan dan pelecehan yang terjadi padanya.

Apalagi dengan mengatakan bahwa ALLAH dan ISLAM tidak perlu dibela, karena ALLAH dan ISLAM tidak akan menjadi rendah hanya karena penghinaan dan pelecehan yang dilakukan oleh seseorang padanya.

Saya ingin mengatakan bahwa, ALLAH dan ISLAM memang tidak rendah dan hina karena celaan mereka. Tapi andalah yang akan rendah dan hina serte lebih hina dari pencela dan penghinanya.

Bagaimana mungkin kita akan membela keluarga kita dari penghinaan dan pelecehan yang dilakukan oleh orang tapi kita justru berdiam diri ketika sebuah ajaran yang telah menunjuki kita pada jalan kebenaran saat dihina dan dilecehkan.

Dahulunya umat manusia hanyalah sampah peradaban, hanyalah makhluk yang tak ubahnya dengan komunitas binatang, dan bahkan bisa lebih dari bejatnya sekumpulan hewan.

Dan ketika ISLAM datang bersama Rasul yang diutus, ia lalu menghapus berbagai macam tindakan binal dan bejat tersebut kemudian meninggikan dan memuliakan derajat manusia dari milyaran makhluk lainnya.

Tapi ketika ia dihina dan dinistakan, kita justru bersikap diam dan cenderung membiarkan pelecehan dan penghinaan itu terjadi pada ISLAM dengan alasan bahwa ia tidak akan hina karena penghinaan.

Tidakkah engkau membaca Al Qur'an, dimana di dalamnya terdapat perintah untuk membela dan menolong agama Allah (Islam). Atau karena memang ada dari kita yang telah kerasukan SETAN dan membiarkan diri menjadi hina dengan tidak membela Agama ISLAM. Wallahu a'lam....

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang hina dan menghinakan diri kita dengan bersifat apatis dan abai dari perilaku hina dan pelecehan terhadap ISLAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar